Karanganyar – Dialog roadshow Kadiskominfo Propinsi Jawa Tengah Dadang Soemantri berlangsung di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Swiba Karanganyar, Rabu Siang (21/03). Dialog tersebut membahas peran serta Diskominfo dan LPPL radio daerah dalam mensukseskan pesta demokrasi di tahun 2018 dan 2019.

Rombongan Diskominfo Propinsi Jawa Tengah diterima langsung oleh Kadiskominfo Karanganyar didampingi Kabid IKP dan Direktur LPPL Swiba FM di kantor Swiba FM. Sesaat sampainya rombongan di kantor, Direktur LPPL Swiba FM memaparkan gambaran singkat tentang profil Swiba FM termasuk didalamnya penjelasan program-program unggulan di radio tersebut. Selesainya paparan singkat tentang Swiba FM, kemudian Kadiskominfo Prop Jawa Tengah memasuki ruang studio bersama Kadiskominfo Karanganyar untuk siaran langsung dialog interaktif.

Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Tengah, Dadang Sumantri, mengatakan peran diskominfo jawa tengah dalam mensukseskan pesta demokrasi harus bisa membangun iklim kondisifitas yang aman dan damai. Seluruh pribadi dan individu harus menjaga supaya pesta demokrasi diseluruh daerah dapat berjalan aman dan damai.

Fungsi  Diskominfo terkait dengan pesta demokrasi adalah meliterasikan ketentuan apa yang perlu dilakukan dan tidak perlu dilakukan terkhusus untuk media sosial, Diskominfo harus menantau dan melawan berita hoak, yakni berita yang menghujat dan berita yang saling mengadu domba.

“Ada 3 kerugian yang harus kita hadapi saat kita menyebarkan hoax :Pertama, tuntutan pidana 6 bulan penjara dan 1 miliar denda, kedua, kerugian secara ekonomi, ketiga, kerugian secara moral dan religi,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Karanganyar, Larmanto, mengatakan peran serta Diskominfo Karanganyar terhadap Swiba FM adalah membantu Bupati dalam pengembangan pemerintahan daerah dibidang komunikasi dan informatika salah satunya adalah penyebarluasan informasi pembangunan daerah melalui media radio.

Kekurangan dan keterbatasan Swiba FM harus dibenahi sedikit demi sedikit secara bertahap sehingga bisa dinikmati seluruh masyarakat Karanganyar.

“Kita menyadari wilayah Karanganyar ini berada di perbukitan, sebagian di kaki gunung lawu sebelah barat, sehingga ada wilayah tertentu yang penerimaan radio terhambat dan kita menambah fasilitas agar bisa menjangkau seluruh wilayah Karanganyar”, jelas Larmanto

Demikian Diskominfo (ad/yg/karin/imas)