Bidang Tata Kelola Informatika dipimpin oleh Seorang Kepala Bidang Tata Kelola Informatika dan membawahi 3 seksi yakni Seksi Pengembangan Sistem Informasi Manajemen, Seksi Persandian dan Keamanan Jaringan, dan Seksi Pengelolaan E-Government.

Kepala Bidang Tatakelola Informatika, Uraian tugas Kepala Bidang Tatakelola Informatika adalah sebagai berikut :

  1. menyusun program kegiatan Bidang Tatakelola Informatika berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. menyusun bahan perumusan kebijakan teknis bidang tatakelola informatika sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  3. menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  4. membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  5. melaksanakan koordinasi dengan Sekretaris dan Kepala Bidang agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  6. menyusun bahan perumusan kebijakan bidang pengembangan sistem informasi manajemen, persandian dan keamanan jaringan dan pengelolaan e-government;
  7. melaksanakan kegiatan tatakelola informatika;
  8. melaksanakan kebijakan teknis di bidang pengembangan sistem informasi manajemen, persandian dan keamanan jaringan dan pengelolaan e-government;
  9. melaksanakan penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria penyelenggaraan di bidang pengembangan sistem informasi manajemen, persandian dan keamanan jaringan dan pengelolaan egovernment;
  10. melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi di bidang pengembangan sistem informasi manajemen, persandian dan keamanan jaringan dan pengelolaan e-government;
  11. melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Bidang Tatakelola Informatika sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  12. melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  13. menyampaikan laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  14. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  15. melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Uraian tugas Kepala Seksi Pengembangan Sistem Informasi Manajemen adalah sebagai berikut :

  1. menyusun rencana kegiatan Seksi Pengembangan Sistem Informasi Manajemen sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  2. menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  3. membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyiapkan bahan pengelolaan dan integrasi sistem informasi manajemen daerah;
  6. menyiapkan bahan pengembangan dan pengelolaan website pemerintah;
  7. menyiapkan bahan pengembangan dan pengelolaan pusat data strategis pemerintah;
  8. menyiapkan pengelolaan dan integrasi database pemerintah;
  9. menyiapkan pengelolaan dan pemeliharaan server pemerintah;
  10. menyiapkan bahan pengembangan dan integrasi sistem informasi pendukung kota cerdas dan desa pintar;
  11. menyiapkan bahan penyusunan database informasi nomor telepon Perangkat Daerah;
  12. menyiapkan bahan peningkatan kapasitas administrator sistem informasi dan pengolah data fungsional Perangkat Daerah;
  13. menyiapkan bahan peningkatan kapasitas sistem informasi pendukung kinerja pemerintah;
  14. menyiapkan bahan pengembangan desain tata kelola sumberdaya komunikasi dan informatika;
  15. menyiapkan bahan standarisasi aplikasi dan layanan online Instansi Penyelenggara Negara;
  16. menyiapkan bahan Fasilitasi Sertifikasi keahlian/ kompetensi bidang Komunikasi dan informatika dan Certification Authority (CA);
  17. menyiapkan bahan penyusunan database informasi nomor telepon Perangkat Daerah;
  18. membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  19. melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Pengembangan Sistem Informasi Manajemen;
  20. melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  21. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  22. melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Uraian tugas Kepala Seksi Persandian dan Keamanan Jaringan adalah sebagai berikut :

  1. menyusun rencana kegiatan Seksi Persandian dan Keamanan Jaringan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  2. menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  3. membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyiapkan bahan penyusunan peraturan teknis tata kelola persandian untuk pengamanan informasi dan komunikasi persandian;
  6. menyiapkan bahan pengukuran tingkat kerawanan dan keamanan informasi;
  7. menyiapkan bahan pengelolaan informasi berklasifikasi melalui pengklasifikasian dan pengamanan informasi milik pemerintah daerah;
  8. menyiapkan bahan pengelolaan dan pengamanan informasi milik pemerintah daerah, meliputi pengiriman, penyimpanan, pemanfaatan dan penghancuran informasi berklasifikasi;
  9. menyiapkan bahan penyusunan rencana kebutuhan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia sandi;
  10. menyiapkan bahan peningkatan kesadaran pengamanan informasi di lingkungan pemerintah daerah melalui program pendidikan, pelatihan, fasilitasi, asistensi, bimbingan teknis, workshop dan/atau seminar;
  11. menyiapkan bahan pengadaan, pemeliharaan, penyimpanan, distribusi dan pemusnahan perangkat lunak, perangkat keras persandian, dan jaringan komunikasi sandi;
  12. menyiapkan bahan pengamanan terhadap kegiatan/aset/ fasilitas/instalasi penting/ vital/kritis melalui kontra penginderaan dan/atau metode pengamanan persandian lainnya;
  13. menyiapkan bahan pengelolaan Security Operation Center (SOC) dalam rangka pengamanan informasi dan komunikasi;
  14. menyiapkan bahan penyusunan instrumen dan pelaksanaan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan pengelolaan informasi berklasifikasi, pengelolaan sumber daya persandian, operasional pengelolaan komunikasi sandi dan operasional pengamanan komunikasi sandi;
  15. menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan kegiatan jabatan fungsional Sandiman;
  16. menyiapkan bahan Peningkatan kapasitas dan integrasi infrastruktur jaringan antar Perangkat Daerah;
  17. menyiapkan bahan Pemeliharaan jaringan dan infrastruktur Teknologi Informasi;
  18. menyiapkan bahan Pengadaan hardware dan peralatan Teknologi Informasi;
  19. menyiapkan bahan Penyediaan dan pengelolaan jaringan akses publik (hotspot, CCTV, peralatan multimedia);
  20. menyiapkan bahan Pengelolaan keamanan jaringan (network security);
  21. menyiapkan bahan Pengelolaan Dissaster Recovery Center (DRC);
  22. menyiapkan bahan IT forensic (rekam jejak) dan penanganan insiden keamanan informasi;
  23. membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  24. melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Persandian dan Keamanan Jaringan;
  25. melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  26. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  27. melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Uraian tugas Kepala Seksi Pengelolaan E-Government adalah sebagai berikut :

  1. menyusun rencana kegiatan Seksi Pengelolaan E-Government sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  2. menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  3. membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyiapkan bahan fasilitasi pelatihan dan pemberdayaan operasional pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Daerah;
  6. menyiapkan bahan peningkatan kapasitas dan tata kelola pemerintahan elektronik (e-goverment);
  7. melaksanakan pengelolaan kantor maya berbasis teknologi informasi;
  8. menyiapkan bahan pembinaan pemanfaatan legal software dan open source;
  9. melaksanakan penyediaan dan manajemen bandwith;
  10. menyiapkan bahan fasilitasi dan pemberdayaan Goverment CIO;
  11. menyiapkan bahan fasilitasi dan kerja sama integrasi sumber daya komunikasi dan informatika lintas sektoral;
  12. melaksanakan fasilitasi penyediaan nama domain dan e-mail pemerintah daerah;
  13. melaksanakan fasilitasi dan pelayanan operator peralatan komputer dan teknologi informasi;
  14. menyiapkan bahan fasilitasi pengembangan produk hukum, NSPK dan SOP bidang komunikasi dan informatika;
  15. menyiapkan bahan pendayagunaan sistem informasi pendukung kinerja pemerintah;
  16. melaksanakan optimalisasi pemanfaatan sistem informasi manajemen daerah lintas sektoral dan layanan integrasi;
  17. melaksanakan pemantauan, evaluasi dan penilaian prestasi kerja
  18. membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  19. melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Pengelolaan e-goverment;
  20. melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  21. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  22. melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.