Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika. Adapun uraian tugas Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika adalah sebagai berikut :

  1. menyusun program kegiatan Sekretariat berdasarkan peraturan perundang – undangan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. menyusun rumusan kebijakan teknis sekretariatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  3. menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  4. membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  5. melaksanakan koordinasi dengan Kepala Bidang agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  6. melaksanakan pengoordinasian dan penyusunan rencana dan program kerja;
  7. melaksanakan pembinaan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, hukum, organisasi, ketatalaksanaan keuangan, kerumahtanggaan, kerja sama, hubungan masyarakat, keprotokolan, arsip dan dokumentasi;
  8. melaksanakan pengoordinasian pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP);
  9. melaksanakan penyelenggaraan pengelolaan barang milik/kekayaan daerah dan pelayanan pengadaan barang/ jasa.
  10. melaksanakan pemantuan, evaluasi dan pelaporan kegiatan kesekretariatan sesuai dengan ketetntuan yang berlaku;
  11. melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  12. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  13. melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sekretariat terdiri Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan dan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, yang masing – masing Sub Bagian dipimpin oleh Kepala Sub Bagian.

Adapun tugas Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan adalah sebagai berikut :

  1. menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  2. menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  3. membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. melaksanakan kegiatan Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  6. menyiapkan konsep naskah dinas Bidang Perencanaan dan Keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  7. menyiapkan bajan penyusunan rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA) / Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) atau Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran (DPPA) sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  8. menghimpun, meneliti, dan mengkoreksi bahan usulan program kegiatan dan laporan kegiatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  9. menyiapkan bahan penyusunan satuan biaya, petunjuk operasional kegiatan dan revisi anggaran;
  10. menyiapkan bahan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP), Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dan Laporan sejenisnya;
  11. menyiapkan bahan penyusunan informasi dan kehumasan;
  12. menyiapkan bahan proses pencairan;
  13. melaksanakan administrasi keuangan;
  14. melaksanakan urusan akuntasi dan verifikasi keuangan;
  15. melakukan urusan perbendaharaan;
  16. menyiapkan bahan penyusunan pertanggungjawaban dan dokumen keuangan;
  17. menyiapkan bahan penyusunan laporan keuangan;
  18. menyiapkan bahan pemantauan tindak lanjut laporan hasil pengawasan  dan penyelesaian tuntutan perbendaharaan dan ganti rugi;
  19. menyiapkan bahan penyusunan kebutuhan barang dan rencana pemeliharaan barang;
  20. menyiapkan bahan penatausahaan dan inventarisasi barang;
  21. menyiapjan bahan administrasi pengadaan, penyaluran dan pemindahtanganan barang milik daerah;
  22. melaksanakan pemantauan, evalusasi, dan pelaporan kegiatan Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan;
  23. melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  24. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  25. melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Adapun tugas Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian adalah sebagai berikut :

  1. menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  2. menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  3. membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. melaksanakan kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  6. menyiapkan konsep naskah dinas bidang umum dan kepegawaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  7. memberikan pelayanan urusan administrasi umum, pengurusan rumah tangga perlengkapan, dokumentasi, perpustakaan dan kearsipan, serta pengelolaan administrasi kepegawaian;
  8. menyiapkan bahan penyusunan rencana kebutuhan dan pengembangan pegawai;
  9. menyiapkan bahan pemrosesan mutasi, tanda jasa, kenaikan pangkat, pemberhentian dan pensiun pegawai;
  10. melaksanakan ketatausahaan kepegawaian, disiplin pegawai dan evaluasi kinerja pegawai;
  11. melaksanakan kegiatan kerumahtanggaan, keamanan dan kebersihan;
  12. menyiapkan bahan telaahan hukum, organisasi dan ketatalaksanaan;
  13. menyiapkan bahan kerja sama dan keprotokolan;
  14. melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  15. melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  16. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  17. melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.