Para admin grup media sosial memiliki peranan penting sebagai penjaga gawang (gatekeeper) dalam meloloskan postingan-postingan anggota grupnya. Diharapkan para admin teliti dalam memeriksa sumber informasi, kebenaran fakta dan identitas anggota yang akan mengunggah postingan. Jangan sampai admin kecolongan meloloskan postingan yang asal sensasional dan mengandung hoax sehingga dapat memperkeruh suasana dan mengganggu kondusivitas Karanganyar tercinta.

Sementara itu para pegiat medsos di Kabupaten Karanganyar yang aktif menggawangi grup-grupnya seperti Info Warga Karanganyar (IWK), Info Cegatan Karanganyar (ICK), WOW Karanganyar, dan perwakilan berbagai komunitas seperti Wonderful Karanganyar, CinKa (Cinta Karanganyar), Sedulur Karanganyar (Sekar), Sedulur Gunung Lawu dan komunitas-komunitas lain yang hadir pada kesempatan itu menyampaikan aspirasinya agar media sosial resmi pemerintah kabupaten Karanganyar yang dihandle oleh Dinas Komunikasi dan Informatika bisa aktif memberi klarifikasi ketika muncul unggahan aduan-aduan terkait pelayanan publik.

Dua hal tersebut merupakan salah satu dari point-point pembahasan dalam bincang-bincang santai bertajuk “Internet Sehat Menuju Karanganyar Maju dan berintegritas” yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar di Rumah Makan Mbak Mul, Popongan Karanganyar, Selasa, 23 Juli 2019.

Drs Bachtiyar Syarif selaku Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar dalam sambutannya berharap melalui kegiatan Kopdar ini masalah-masalah yang muncul dalam kaitan tata kelola informasi di Kabupaten Karanganyar bisa terurai dan menemukan solusinya. Para pegiat media sosial adalah mitra pemerintah dalam mendiseminasikan informasi dan program-program pemerintah Kabupaten ke masyarakat. Tak dipungkiri bahwa para admin memiliki naluri kritis dalam mencermati berjalannya pelayanan publik dan menyampaikan aspirasi masyarakat terkait hal tersebut, namun pemerintah juga berharap agar rekan-rekan pegiat medsos juga ikut mengedukasi netizen agar bijak dalam penggunaan media sosial.

Acara kopdar berjalan santai namun seru, diakhiri dengan pembacaan Ikrar Komitmen Bersama para Pegiat Media Sosial yang dipimpin oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar, Ardiansyah, S.S.T.P., M.M. (sofi/diskominfo).