Peserta Pelatihan dan Sertifikasi Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Kominfo Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) saat mengikuti upacara pembukaan.

 

Di era Revolusi 4.0 saat ini, kemampuan seseorang di bidang teknologi informasi amat diperhatikan. Selain memang kemampuan softskill menjadi hal yang diutamakan dalam usaha menjadi pekerja terbaik yang berkontribusi besar dalam perusahaan, kemampuan-kemampuan lain yang berhubungan dengan dunia digital sangat diperlukan untuk mengimbangi perkembangannya.

Bukan hanya di dunia usaha yang memberlakukan otomatisasi, namun pemberlakuan teknologi diakui lebih menjamin efisiensi sehingga perlu diterapkan. Banyak orang khawatir dengan ini dengan alasan menghilangkan pekerjaan-pekerjaan lama, namun revolusi industri 4.0 juga memunculkan pekerjaan-pekerjaan baru yang tak terbayang sebelumnya, seperti web developer, content writer, SEO, dan lain-lain. Sebenarnya kekhawatiran menjadi pengangguran bisa ditepis asal setiap orang mau mengikuti mekanisme perkembangan teknologi yang berlaku, atau justru makin menguatkan kelebihan keahliannya yang tak tergantikan dengan tekhnologi. Seperti apa? Seni. Seni berkaitan dengan cita rasa manusia, sesuatu yang tidak bisa diwakili teknologi. Namun kini, dalam proses karyanya, seni juga tak lepas dari sentuhan tekhnologi. Salah satu pekerjaan yang ‘selamat’dari dampak otomatisasi adalah desain grafis dan infografis. Pekerjaan desain grafis berkenaan dengan proses mengkomunikasikan pesan dengan elemen-elemen visual seperti tulisan, bentuk dan gambar. Adapun infografis masih berkaitan dengan desain grafis namun lebih spesifik merepresentasikan visual informasi, data dan ilmu pengetahuan yang rumit, didesain sedemikian rupa sehingga mempermudah pembaca untuk memahami pesan tersebut.

Diseminasi informasi dewasa ini sudah massif menggunakan teknologi komunikasi yang makin beragam. Tidak hanya perusahaan, pemerintah pun dalam mengkomunikasikan kebijakan-kebijakannya perlu memiliki sumber daya yang mumpuni mengimbangi teknologi informasi yang berkembang. Kebijakan pemerintah macam Perda, Perbup kiranya tak akan direspon bagus oleh netizen dari generasi milenial kalau hanya dishare begitu saja dokumennya. Dibutuhkan keahlihan infografis untuk mengemas penyampaikan konten kebijakan pemerintah kepada masyarakat, terutama yang akan disebarluaskan melalui media sosial dan media berbasis web. Untuk itu dibutuhkan SDM PNS yang memiliki skill infografis yang memadai.

Dalam rangka meningkatkan dan mengukur kompetensi di bidang komunikasi dan informasi, dalam hal ini skema infografis, lima orang pegawai Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Karanganyar mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Kominfo Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diselenggarakan Kementrian Kominfo RI di Hotel Aston Surakarta, 25-28 November 2019. Selama tiga hari peserta mendampatkan materi terkait desain grafis dan infografis dan hari terakhir mengikuti ujian kompetensi yang dihelat oleh LSP TIK  yakni merupakan lembaga yang telah memiliki lisensi dari BNSP (BNSP-LSP-018-ID) untuk melakukan proses pembuktian bahwa seorang tenaga profesional benar-benar kompeten dalam bidang kompetensinya. Sampai dengan usai, puji syukur, sebagian besar pegawai Diskominfo lulus sertifikasi dan mengantongi sertifikat Kompeten untuk keahlian infografis. (sf)