Wakil Bupati Karanganyar, H. Rober Christanto, S.E memberikan sambutan saat menghadiri pemutaran film pendek di Dusun Klatak, Kecamatan Karangpandan, Rabu (23/12)

 

Karanganyar- Para pria paruh baya mengenakan beskap merah marun dipadu dengan jarik selutut berbaris rapi di kanan kiri gang. Sambil mematut blangkon atau udeng di kepala, bapak-bapak ini menyilahkan para tamu yang hadir. Sepanjang gang diiringi gemericik air sungai yang diterangi lampu warna –warni memanjakan mata. Belum purna keindahan, aroma aneka hidangan melarik berjejer di meja-meja, menggoda penciuman. Malam itu, Rabu (23/12),Dusun Klatak punya gawe besar.

Terbentang backdrop besar di panggung menghadap ke halaman rumah si empunya usaha pusat oleh-oleh tahu kempong. “Apresiasi Kemenangan KIM Manteb Karangpandan Juara Tiga Lomba Film Pendek se- Jawa Tengah dan Penyerahan Bantuan Bank Indonesia”, begitu tulisan judul di backdrop tersebut. Ya, masyarakat Dusun Klatak sedang mengadakan syukuran atas kemenangan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Manteb Desa Karangpandan dalam ajang lomba film pendek KIM se-Provinsi Jawa Tengah tahun 2021. Bersama KIM Tunas Harapan Dagen Kecamatan Jaten dan KIM Saraswati Desa Gaum Kecamatan Tasikmadu, KIM Manteb mengikuti lomba film pendek untuk KIM se-Provinsi Jawa Tengah bertema protokol kesehatan, di bawah bimbingan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar. KIM Manteb mampu memboyong piala juara tiga pada kesempatan itu, dengan film pendek berjudul “Nular”.

Para tamu penting rawuh satu per satu. Bapak Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto, S.E, memberikan sambutan, merasa ikut bangga bahwasannya Dusun Klatak Desa Karangpandan memiliki anak-anak muda yang penuh semangat, kreatif dan punya energi besar untuk memajukan desanya. Anak-anak muda ini tergabung dalam Makladuta (Masyarakat Klatak Peduli Pariwisata), mengkonsep wisata kuliner di dusunnya dengan mengajak warganya mengeksplor kuliner tradisional di desanya. Setiap Minggu Tim Makladuta berkumpul untuk memikirkan bagaimana wisata kuliner Klatak bisa menjadi daya tarik yang luar biasa.
Seiring waktu Makladuta makin berkembang dan wisata kuliner Klatak mulai terkenal. Makladuta sebagai motor penggerak roda perkembangan kuliner Klatak mulai dilirik oleh dunia luar. Malam itu Perwakilan Bank Indonesia Surakarta hadir untuk menyerahkan secara simbolis bantuan dana kurang lebih Rp 180 juta untuk sekitar tujuhpuluhan pokdarwis disana. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar, Perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Karanganyar, Bapak Sri Harjono yang juga warga Klatak, Forkompimcam Karangpandan, dan masyarkat undangan hadir mengapresiasi.

Malam itu begitu hidup. Di luar seremonial sambutan-sambutan, acara dimeriahkan dengan pemutaran film pendek “Nular”, hiburan perkusi angklung dari warga Belter (Belakang Terminal), Hadrah dari ibu-ibu RT setempat, dan pidato ucapan terimakasih dari KIM Manteb yang diwakili oleh sutradara film “Nular” Oktavia. (sf)