Bupati Karanganyar, Drs. H. Juliyatmono, MM, menghadiri Hari Jadi Pengadilan Agama Karanganyar ke-58 di Aula Pengadilan Agama Karanganyar, Senin (07/03).

Karanganyar – Bupati Karanganyar, Drs. H. Juliyatmono, MM, menghadiri Hari Jadi Pengadilan Agama Karanganyar ke-58 di Aula Pengadilan Agama Karanganyar, Senin (07/03).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Karanganyar. Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Karanganyar, Fakhrurazi, S.Ag, M.H.I juga mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran perwakilan Pengadilan Agama dari Soloraya. Dirinya mengungkapkan bahwa Pengadilan Agama Karanganyar saat ini memiliki kerjasama yang baik dengan instansi vertikal di Kabupaten Karanganyar.

Dalam kesempatannya, Fakhrurazi mengungkapkan bahwa dirinya membentuk team untuk mencari sejarah berdirinya pengadilan agama Karanganyar. Hal ini diilhami dari peringatan HUT Karanganyar dan HUT DPRD Karanganyar. Team yang dibentuk akhirnya menemukan data bahwa Pengadilan Agama Kabupaten Karanganyar berdasarkan berlaku efektifnya adalah berdiri di tahun1964. Maka dari itu, tahun 1964 ditetapkan menjadi hari jadi Pengadilan Agama Kabupaten Karanganyar.

“Atas nama pemerintah Karanganyar, ikut bersyukur, selamat hari Lahir pengadilan agama ke 58, semoga terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Karanganyar. Semoga makin baik, makin sempurna,” ujar Bupati Karanganyar dalam sambutannya.

Menurut data, untuk kasus perceraian di Kabupaten Karanganyar tercatat lebih rendah dari wilayah lain.  Salah satu hal yang dinilai dapat menekan angka perceraian ini adalah kinerja Pengadilan Agama yang dapat menjadi fasilitator dan mediator para pemohon hinga akhirnya dapat rujuk kembali. Kemudian diharapkan, hal ini dapat menekan angka perceraian di Kabupaten Karanganyar untuk kedepannya.

Orang nomor satu di Kabupaten Karanganyar itu berharap agar Pengadilan Agama kedepannya dapat terintegrasi dalam pengurusan administrasi dengan instansi lainnya.

Demikian Diskominfo. (Tgr/nfl)