Bupati Karanganyar, Drs. H. Juliyatmono, MM, menghadiri Hari Jadi Pengadilan Agama Karanganyar ke-58 di Aula Pengadilan Agama Karanganyar, Senin (07/03).

KARANGANYAR– Drs. H. Juliyatmono menghadiri kegiatan pembinaan ASN (Aparatur Sipil Negara), peresmian sekaligus pencanangan pemanfaatan depo arsip yang diselenggarakan Selasa (8/3) di Depo Arsip Tasikmadu, Karanganyar. Acara ini dihadiri oleh Perangkat Daerah dan ASN di lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar. Diawali dengan Tari Gambyong yang ditampilkan oleh dua Penari dari perwakilan ASN, kemudian dilanjutkan doa yang dipimpin oleh Dono Siswanto.
Plt.Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Drs. Sugeng Raharto, M. M. menyampaikan sambutan dan laporanya dalam acara tersebut, “Pelaksanaan kegiatan di perpus dan arsip harapan kami kedepanya menggunakan arsip digital. Saat ini arsip statis mulai dimusnahkan dan berupaya untuk menyiapkan arsip dinamis berupa arsip digital”. Uji coba aplikasi arsip dinamis nantinya akan disamakan secara nasional. Aplikasi ini dinamai Srikandi. “Aplikasi Srikandi ini digunakan secara nasional dan sudah diterapkan oleh beberapa kabupaten. Kabupaten Karanganyar menyusul kabupaten lain yang sudah mengaplikasikan penggunaan Srikandi sehingga pengelolaan arsip lebih cepat”. Ujar Drs. Sugeng Raharto, M. M.

Bupati Karanganyar dalam sambutanya mengatakan perlunya digitalisasi arsip dan perpustakaan, “Arsip yang sudah tidak dipakai segera dimusnahkan dan yang masih dibutuhkan disimpan di Gedung ini dengan baik. Arsip digital tidak membutuhkan tempat yang banyak tapi membutuhkan generasi yang mampu mengikuti jaman dan teknologi”. Beliau juga menyampaikan dukungan untuk mencerdaskan masyarakat melalui fasilitas perpustakaan dan kearsipan, “Arsip digital hendaknya menyedikan referensi yang banyak, sehingga dengan sekali klik bisa muncul banyak buku dan bacaan. Karena pintar itu penting, tetapi cerdas juga menjadi tuntutan” Ungkap Drs. H. Juliyatmono, M. M.
Peresmian gedung Depo arsip dilakukan secara simbolis yakni dengan pemotongan roncean melati yang dilakukan oleh Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono, M. M.

Diskominfo (dn/tw)