Kesuksesan KIM dan perkembangan desa , 24 Mei 2022

 

 

KARANGANYAR – Kades Desa Sendang, Sukamto, buka – bukaan terkait kesuksesan pengeloaan desanya dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Sendang Kuncoro. Hal tersebut diutarakannya ketika menerima kunjungan dari Diskominfo Kabupaten Karanganyar. Seperti diketahui, Desa Sendang mendapatkan penghargaan Keterbukaaan Informasi Publik (KIP) nasional tahun 2021 sementara KIM Sendang Kuncoro merupakan juara 1 lomba Film Pendek KIM tingkat Provinsi Jawa Tengah 2021.

Mantan Direktur BUMDes Desa Sendang ini mengutarakan bahwa hal utama yang perlu diperhatikan adalah niat dan kemauan sedangkan pendanaan nomor dua. Asal ada kemauan dana dapat diupayakan. Pendanaan KIM Sendang Kuncoro berasal dari anggaran pemberdayaan masyarakat. Ia menganjurkan bagi KIM untuk mengajukan proposal anggaran pemberdayaan masyarakat ketika Mesrenbang Desa.

Sukamto mensinergikan PPID Desa dengan KIM. PPID Desa menyampaikan kebijakan/informasi kepada masyarakat secara formal sedangkan KIM menindaklanjutinya dengan style non formal seperti diseminasi dengan film pendek.

“Tugasnya KIM memberikan informasi informasi yang bersifat non formal, untuk ngleremke hawa di tingkat desa. PPID tugasnya menyampaikan informasi melalui surat, setelah PPID action”, terang Sukamto yang juga pernah menjadi anggota salah satu LSM.

Bahkan, proyek film pendek KIM tentang BLTDD akan segera rilis. “Sebentar lagi film ribut masalah Film BLTDD akan selesai”, tambahnya.

Sementara itu Kepala DISKOMINFO Kabupaten Wonogiri, Heru Nur Iswantoro, S.Sos, M.M. menuturkan KIM di Kabupaten Wonogiri terbentuk awalnya dari para pendengar Radio Giri Swara (RGS) Wonogiri. Ketika itu telah terbentuk sebanyak 50 kelompok KIM.

“Tahun 2018 PPID Desa harus hadir, sehingga dilakukan pembentukan KIM diseluruh desa”, tambahnya.

Studi banding DISKOMINFO Kabupaten Karanganyar ke Wonogiri tersebut dipimpin oleh Kepala DISKOMINFO Karanganyar, Drs. Sujarno, M.Si, dan diterima di rumah Kepala Desa Sendang. Sujarno berharap dengan ‘ngangsu kawruh’ ke Wonogiri dapat menjadikan kemajuan bagi KIM di Kabupaten Karanganyar. (Okie)