Atraksi jaranan oleh FK Metra Kab. Karanganyar

KARANGANYAR – Ada yang unik di Car Free Day (CFD) Colomadu pagi ini (27/11). Ratusan massa dari berbagai usia berkumpul tepat di depan De Tjolomadoe. Mereka datang dari segala penjuru lokasi CFD secara bersama – sama menyaksikan atraksi pertunjukan jaranan dan pecutan. Sesekali massa bersorak dan tertawa menyaksikan tingkah lucu penunggang jaran, lebih – lebih penunggang celeng. Inilah salah satu inovasi Diskominfo Karanganyar untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat yaitu mengemas informasi kedalam bentuk pertunjukan/hiburan,yang bertajuk DISKOMINFO On The Street.

Dalam kegiatan pertunjukan ini, selain informasi tentang pengenalan Diskominfo, juga disisipkan informasi terkait Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra), Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan layanan aduan SP4NLAPOR. FK Metra dan KIM merupakan mitra dari Diskominfo Karanganyar untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat sehingga kebijakan dari Pemerintah bisa sampai kepada masyarakat luas. Terlebih, makin populernya penggunaan Gadget dan internet sehingga diperlukan edukasi kepada masyarakat melalui literasi digital.

KIM sendiri dibentuk di setiap kelurahan/desa, dengan keberadaan KIM, informasi – informasi hoax yang beredar di masyarakat dapat diluruskan. Syarat keanggotaan KIM minimal 2 orang yang berminat terhadap pengelolaan informasi terutama lewat medsos/IT. Hal tersebut disampaikan para pegawai Diskominfo di sela – sela pertunjukan.
Untuk masyarakat yang kebingungan melaporkan tentang keluhan kebijakan – kebijakan publik, seperti pelayanan publik, pembangunan, infrastruktur jalan, pohon tumbang dan lain sebagainya, Diskominfo juga menyediakan aplikasi SP4NLAPOR yang bisa didownload secara gratis melalui playstore. Dengan aplikasi ini, diharapkan masyarakat tidak bingung kemana harus melaporkan.

“Dengan SP4NLAPOR Bapak/Ibu bisa lapor, tidak perlu khawatir data diri pelapor dijaga kerahasiannya”, ujar pegawai Diskominfo yang terdiri dari Mulyono, Bagas, Tegar dan Oki.

Pertunjukan jaranan/pecutan yang sukses mengendalikan massa CFD ini dilakukan oleh para pemain FK Metra antara lain Mas Wahyu Sangga Buana, Mas Fatin dan Mas Ari Kuntet. Mereka beratraksi memaikan pecutan, jaranan dan ganongan yang dikemas lucu dan menarik.

Acara bertajuk Diskominfo on the street itu diselenggarakan dalam rangka kehumasan, mendiseminasikan informasi program dan kebijakan pemkab karanganyar kepada masyarakat luas. Contohnya disosialisasikannya kanal aduan SP4NLAPOR dan SAPAMAS. Acara selesai sesaat sebelum CFD berakhir. Para penonton tampak menikmati pertunjukan bahkan hingga acara selesaipun banyak yang mengajak foto bersama dengan para pemain. (Oki)