KARANGANYAR– Segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karanganyar mengikuti Capacity Building yang dilaksanakan selama dua hari (29 s/d 30 November 2022) di Griya Persada Yogyakarta. Kegiatan yang mengusung tema Tingkatkan Pelayanan Publik, diharapkan Dinas Kominfo Karanganyar mampu menginformasikan sekaligus mempublikasikan serta memasarkan informasi ke masyarakat.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Karanganyar didampingi Kepala Dinas Kominfo, Sekretaris Dinas Kominfo beserta keluaga besar Pegawai Diskominfo Karanganyar.

Kepala Dinas Kominfo Karanganyar, Sujarno menyampaikan dengan diselenggarakan capacity building ini akan memberi semangat lebih kuat lagi dalam meningkatkan tugas tugas pelayanan disamping juga untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta attitude (perilaku) pegawai sehingga tercapai tujuan kinerja.

Menurutnya kemampuan bekerja sama dalam suatu tim bisa bersatu dan menyatu dalam mewujudkan visi misi Bupati ditahun ke empat sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Karanganyar.
Dikatakannya termotivasi kerja dan biasakan mencapai prestasi sesuai
Tema yang diusung pada capacity building tahun ini Tingkatkan Pelayanan Publik.

” Alhamdulillah, Dinas Kominfo Karanganyar pada kegiatan PPID yakni visitasi informasi publik oleh Komisi Informasi Publik Provinsi Jawa Tengah mencapai 99,6 nilainya,” tutur Sujarno.

Sementara itu sambutan Bupati Karanganyar yang diwakili Sekretaris Daerah Karanganyar, Sutarno mengatakan inti dari capacity building ini adalah dalam rangka meningkatkan kemampuan kerja sama, saling sinergi diantara kita.

“Tentunya kita mengetahui tugas Diskominfo Karanganyar sungguh sangat prestsius karena menginformasikan hasil hasil kinerja dan pembangunan di Kabupaten Karanganyar khususnya yang selanjutnya dipublikasikan sekaligus memasarkan informasi ke masyarakat hal tersebut dibutuhkan skill yang kuat,”terang Sekda.

Pihaknya juga mengatakan posisi Karanganyar baik Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Smart Citynya perlu didorong sehingga diharapkan semua pihak terutama rekan rekan Dinas Kominfo untuk mengikuti perkembangan dan pengembangan publikasi dan komunikasi.

Pasalnya ada Aplikasi Srikandi yang ditargetkan pada Januari 2023 sudah dapat berhasil dan lancar untuk digunakan. Untuk itu, pihaknya menitipkan di jajaran Dinas Kominfo untuk dikembangkan karena perlu pendampingan IT yang telah dilaunching Bupati kemarin.

Ditambahkannya pada bidang statistik, persandian ini sudah tercakup di Dinas Kominfo sehingga perlu semua pihak selalu berkoordinasi untuk perkembangan data dan informasinya.

“Semua ini perlu tekad yang kuat dan bulat untuk keberhasilan kinerja sehingga mencapai target dan prestasi
dalam peningkatan pelayanan publik,” pesannya.
Diskominfo (Tim Liputan)