Karanganyar – Pemerintah Kabupaten Karanganyar berhasil meraih penghargaan sebagai Badan Publik Informatif dalam Komisi Informasi Award di Hotel Patra, Semarang, Jumat (16/12). Penghargaan diberikan kepada badan publik yang memenuhi kategori menuju informatif dan badan publik informatif. Hal ini dilihat dari hasil monev yang dilakukan oleh Komisi Informasi Jawa Tengah beberapa waktu lalu. Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar, Drs. Sujarno, M.Si. menerima penghargaan mewakili Bupati Karanganyar yang berhalangan hadir.

Pemerintah Kabupaten Karanganyar memperoleh hasil sebagai badan publik informatif dikarenakan Pemkab Karanganyar memenuhi aspek-aspek penilaian monev yang didasarkan pada Perki 1 Tahun 2021. Salah satu hal yang membuat Pemkab Karanganyar unggul adalah tersedianya Perda No 10 Tahun 2022 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Hal ini merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah dalam terselenggaranya transparansi informasi publik.

Turut hadir dan membuka acara, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen. Dalam sambutannya, Taj Yasin menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua badan publik di Jawa Tengah, karena atas kerja kerasnya, Provinsi Jawa Tengah berhasil meraih peringkat pertama dalam monev keterbukaan informasi publik oleh Komisi Informasi Pusat.

Berbeda dengan penyelenggaraan di pusat, KIP Award kali ini tidak melakukan pemeringkatan melainkan hanya memberikan penghargaan bagi badan publik yang informatif dan menuju informatif.  Hanya ada 10 dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang berhasil meraih predikat sebagai badan publik informatif, salah satunya adalah Pemkab Karanganyar.

Hal lain yang cukup memberi nilai dalam tahap monev adalah Bupati Karanganyar, Drs. H. Juliyatmono, M.M, hadir langsung dalam paparan uji publik yang bertempat di Universitas Negeri Semarang, beberapa waktu lalu. Orang nomor satu di Kabupaten Karanganyar itu memaparkan bahwa Pemkab Karanganyar sudah menjalankan pemerintahan yang sesuai dengan aspek-aspek Good Governance.

Diharapkan, prestasi Pemkab Karanganyar ini semakin meningkat dan memberikan motivasi kepada seluruh karyawan untuk terus menjalankan pemerintahan dengan menerapkan aspek-aspek good governance dan khususnya trasnparansi dalam keterbukaan informasi publik.

Demikian Diskominfo.