KARANGANYAR – Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar bersama Wakil Rektor 1 UNS sukses menggelar Focus Group Discussion (FGD) mengenai pengembangan UMKM di Desa Wisata Kemuning berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT) pada hari Rabu (18/01) pagi di Ruang Podang 1 Kantor Bupati Karanganyar. Acara ini diselenggarakan sebagai salah satu bentuk usaha yang dilakukan oleh akademisi kaitannya dengan pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pada pelaksanaannya, acara tersebut dihadiri oleh Drs. H. Juliyatmono, M.M., M.H. selaku Bupati Karanganyar, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar, Ketua Proyek Kedaireka UNS Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S, Wakil Rektor 1 UNS, serta beberapa tamu undangan lainnya. FGD yang mengusung judul “Kedaireka Kemuning: Marketing Integrated & Manajemen Produksi UMKM” ini dilaksanakan dengan tujuan memberi dan membangun motivasi kepada para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Karanganyar utamanya di Kemuning untuk terus mengembangkan kreatifitasnya dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di sekitar kita secara maksimal.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan dari ketua projek Kedaireka, sambutan dari Bupati Karanganyar, pemaparan materi mengenai integrated bisnis dan perancangan model bisnis oleh beberapa narasumber, dan ditutup dengan sesi diskusi bersama.

Dalam sambutannya, Bupati Karanganyar mengatakan bahwa, “masyarakat sudah seharusnya mengelola alam dengan sebaik-baiknya supaya potensi sumber daya alam yang ada di sekitar kita dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Dan nantinya masyarakat dapat hidup berkesinambungan, rukun, dan sejahtera.”

Beliau juga berdoa supaya ke depannya kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan, serta akan mendatangkan kebaikan dan kesejahteraan bagi kita semua.