Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar, Timotius Suryadi S. Sos, M. Si didampingi Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika dan Kepala Bidang Tata Kelola Informatika (TKI) Diskominfo Karanganyar mengikuti secara virtual sosialisasi kerja sama antara pemerintah dengan badan usaha (KPBU) terkait infrastruktur smart city bersama direktorat pelayanan aplikasi informatika pemerintahan, di ruang SIC Samber Nyawa Diskominfo Karanganyar, Jum’at (17/02) pagi.

 

Novie Andriani dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengatakan pengertian KPBU adalah kerja sama antara pemerintah dan badan usaha dalam penyediaan infrastruktur yang bertujuan untuk kepentingan umum yang sebagian atau seluruhnya menggunakan sumber daya badan usaha dengan sebuah pembagian resiko antara para pihak.

 

Pihaknya juga menyampaikan, manfaat dari KPBU yaitu badan usaha akan berkontribusi pada teknologi dan keahlian, badan usaha akan mencari pembiayaan dan melakukan due diligence dan transparansi proses pengadaan BUP.

 

Adapun sumber efektivitas dan efisiensi jangka panjang diantaranya, manajemen biaya, pengelolaan biaya selama siklus hidup proyek (lifecycle cost management), transfer risiko, inovasi, keandalan dan efektivitas serta pemanfaatan optimal.

 

Ditambahkannya, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam KPBU meliputi kesesuaian dengan kebijakan dan regulasi otonomi daerah, karakteristik dan kebutuhan pembanguna wilayah oleh Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota. Serta pelaksanaan KPBU untuk mempercepat target pembangunan daerah dengan adanya transparansi dan efisiensi pembiayaan pembangunan, kapasitas fiskal pemerintah daerah, mitigasi risiko dan intervensi kepentingan politik.