Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar menerima kunjungan kerja dari Komisi C DPRD Sidoarjo di ruang podang I, Komplek Sekretariat Daerah, Jumat (26/05/23).

Kedatangan komici C DPRD sidoarjo ke Diskominfo karanganyar bermaksud untuk menimba ilmu terkait infrastruktur penangan jaringan internet di kabupaten karanganyar.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Isnan Nur Aziz, S. Kom menyampaikan bahwasannya jaringan internet di kabupaten karanganyar yang dikelola melalui dinas komunikasi dan informatika sebanyak 49 titik. 33 titik tersambung melalui jalur fiber optik milik pemerintah kabupaten karanganyar sedangkan 16 titik sisanya tersambung melalui jalur fiber optik milik PT. Indonesia Comnets Plus (PLN Icon Plus).

Untuk mendukung Karanganyar sebagai Smart City, pemerintah kabupaten karanganyar memfasilitasi 14 titik wifi publik yang tersebar di sekitar area publik serta 43 unit CCTV yabg telah terintegrasu dengan ATCS (Area Traffic Control System) Dinas Perhubungan Kabupaten Karanganyar yang dapat diakses melalui gishub.karanganyarkab.go.id.

Selain itu untuk memudahkan pelayanan publik di kabupaten karanganyar dibuat aplikasi antara lain SIMPEL (Sistem Infomasi Perizinan Elektronik) yang dapat diakses melalui simpel.karanganyarkab.go.id, aplikasi ini digunakan untuk mempermudah pengajuan ijin yang belom tercover oleh OSS milik pemerintah pusat.

Suyarno dari fraksi PDI P mewakili Komisi C DPRD Sidoarjo menanggapi terkait kondisi jaringan internet di kabapatennya. Bahwasannya pemerintah kabupaten sidoarjo telah menggelontorkan 9 Milyar untuk menata bandwith. Namun hal itu tidaklah cukup dan juga pemerataan belom bisa terjadi.

Sebagai penutup, Kepala Dinas Komunikasi dan Infomatika saling bertukar cinderamata dengan perwakilan dari Komisi C DPRD kabupaten sidoarjo. Diharapkan dengan kunjungan kerja kali ini silaturahmi antara kabupaten sidoarjo dan kabupaten karanganyar khususnya dinas komunikasi dan infomatika dengan komisi C DPRD terjalin makin erat dan baik.

Demikian Diskominfo.