Pramuka, selalu identik dengan aktivitas di alam bebas. Tapi sekarang, di era industry 4.0, pramuka harus mengikuti mekanime perkembangan jaman. Tidak saja kemampuan jelajah alam dan jelajah malam yang perlu dimiliki, kini pramuka juga perlu meningkatkan kompetensi jelajah dunia digital. Kini eranya teknologi machine learning dan Artificial Intelegence (AI), pramuka harus berdaya dan memberi manfaat sesuai tuntutan jamannya.

Menjawab tantangan tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar melalui Pimpinan Saka (Pinsaka) melantik Dewan Saka Milenial Gerakan Pramuka Kwarcab Kab Karanganyar pada Rabu (21/6), di Ruang Anthurium Rumah Dinas Bupati Karanganyar. Saka Milenial adalah sebutan bagi Satuan Karya Pramuka Mitra Inovasi dan Literasi Teknologi Informasi Digital yang diinisiasi oleh Gubernur Jawa Tengah selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (KaMabiDa) Pramuka Jawa Tengah. Saka Milenial bergerak di bidang edukasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), baik hardskill maupun softskillnya.

Tigabelas pramuka penegak menjadi dewan saka milenial dilantik oleh Kakak Hartono, S.Sos.,M.Si selaku Pinsaka. Kakak Sutarmo, S.E.,M.M mewakili Ka Mabi Saka memberikan sambutan dan arahan kepada dewan saka untuk segera menyusun program kegiatan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

 Saka milenial meliputi lima krida yakni Krida Literasi Digital Dan Internet.(Lidinet, Peminatan terkait penyuluhan, berbagi pengetahuan dan pemanfaatan media digital dan internet yang baik, khususnya kontrol penggunaan media social. Krida Kreasi Animasi Dan Multimedia (Krani media) ditujukan untuk anggota pramuka yang menyenangi pembuatan dan pengolahan video, gambar, dan animasi dalam bentuk digital; Krida Inovasi Perangkat Lunak (Krida Ikat) anggota pramuka yang lebih minat dalam kegiatan rekayasa perangkat lunak, membuat aplikasi, aplikasi berbasis websitedesktop juga mobile; Krida Telemetri dan Robotika (Krida Teletika) anggota pramuka yang menyenangi pembuatan berbasis radio frekuensi, Internet of Thing (IoT), dan teknologi robotika; dan Krida Pengembangan Teknologi Jaringan dan Big Data (Krida Jarkomdata) ditujukan untuk anggota pramuka yang meminati pengetahuan dan keterampilan tentang sistem jaringan komputer, keamanan jaringan komputer, teknologi server dan mining data. Saat ini Saka Milenial Kabupaten Karanganyar berfokus pada dua krida, yakni krida Lidinet dan Kranimedia.

Meskipun belum lama dibentuk, embrio Saka Milenial Kabupaten Karanganyar telah berkiprah sejak pandemi. Tahun 2021, Saka Milenial memenangi ajang Anugrah Pandu Citra Loka Tingkat Provinsi Jawa Tengah atau anugrah di bidang kehumasan pramuka sebagai Runner Up Duta Humas Kwarda Jateng atas nama Endang Palupi, S.ST,M.K.M. Di tahun berikutnya, yakni 2022, kembali Saka Milenial Karanganyar meraih prestasi sebagai Juara I Duta Humas pada ajang yang sama atas nama Amelia Pingky Tita Suwito. Pencapaian ini dilengkapi dengan raihan juara 2 Podcast Pramuka Kwarda Jateng yang mengangkat tema Saka Milenial Makin Cakap Digital.

 

Saka Milenial Kabupaten Karanganyar mulai bergerak aktif dengan beberapa agenda seperti KOPDAR – Sinau Bareng Mobile Videography, mengikuti lomba Saka Tergiat tingkat provinsi Jateng, berpartisipasi dalam Cakap Digital Fest dari Kementerian Kominfo RI di De Tjolomadu. (sofi).