KARANGANYAR– Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karanganyar menggelar sosialisasi keamanan informasi Kabupaten Karanganyar.

 

Kegiatan ini untuk menumbuhkan kesadaran bagi tiap Organisasi Peringkat Daerah(OPD) akan pentingnya keamanan informasi dalam mengambil kebijakan.

 

Sosialisasi keamanan informasi Kabupaten Karanganyar digelar di Jawa Dwipa Heritage Resort and Covention di Karangpandan Karanganyar, Selasa (19/9). Kegiatan yang diikuti para admin tiap OPD dan bagian administratif menghadirkan Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar Timotius Suryadi dan narasumber Winarno Dosen Informatika UNS.

 

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Karanganyar Isnan Nur Aziz mengatakan informasi saat ini menjadi aset berharga. Karena perlu adanya kesadaran bersama dalam menjaga keamanan informasi agar tidak mudah diretas oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

 

Tujuan sosialisasi keamanan informasi ini meliputi kerahasiaan, ketersediaan dan integrasi. Harapannya semua data di Karanganyar tersedia dan terintegrasi.

 

“Informasi menjadi hal penting dan dapat digunakan dalam mengambil kebijakan. Penting adanya kesadaran bersama dalam menjaga data maupun informasi,”katanya.

 

Sementara itu Timotius Suryadi selaku Sekda Karanganyar mengatakan perkembangan dunia informasi berkembang pesat. Dunia telah berubah karena semua membangun jejaring dan dukungan masyarakat dengan internet melalui website serta media sosial.

 

“Masing-masing OPD harus dapat mengelola media sosial dan website dengan baik. Berikan informasi dan respon cepat atas aduan atau informasi yang diberikan kepada masyarakat,”katanya.

 

Sekda juga berpesan bagi para admin medsos dan webisite OPD agar memberi respon cepat dan informatif bagi masyarakat. Respon cepat sangat diperlukan agar aduan atau informasi dari masyarakat dapat segera ditindaklanjuti oleh dinas terkait atau pemegang kebijakan.

“Jangan memberi kesan menggurui. Karena admin bukan pengambil kebijakan,”pesannya.

Diskominfo