Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Karanganyar telah mengalami transformasi sebagaimana sejarah KIM dimulai dari embrionya sejak jaman Orde Baru yakni  Kelompencapir (Kelompok Pendengar Pembaca Pemirsa).

Mengikuti perkembangan jaman, KIM didorong untuk menjalankan tugas dan fungsinya dalam pengelolaan dan diseminasi  informasi kepada masyarakat melalui pemanfaatan teknologi informasi secara optimal. Dorongan ini tentunya tidak meninggalkan kearifan lokal penggunaan sarana komunikasi media tradisional yang memiliki sasaran khusus masyarakat pedesaan. Ini artinya masih banyak KIM yang terutama berdomisili di pedesaan sarana komunikasinya belum sepenuhnya menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, namun masih nguri-nguri sarana komunikasi tradisional maupun tatap muka.

Sampai dengan tahun 2023, di Kabupaten Karanganyar terdapat 33 KIM dengan dinamika keaktifan yang berbeda-beda. Dari jumlah tersebut masih terdapat KIM yang berasal dari era Orde baru. Mayoritas KIM di Kabupaten Karanganyar beranggotakan anak-anak muda yang aktif di kegiatan karang taruna.

KIM di Kabupaten Karanganyar senantiasa aktif mengikuti forum dan kegiatan KIM di tingkat provinsi Jawa Tengah. Dalam tiga tahun terakhir KIM Kabupaten Karanganyar mampu bertahan dalam enam besar juara lomba film Pendek KIM Tingkat Provinsi Jawa Tengah.