KARANGANYAR– Kabupaten Karanganyar kembali meraih penghargaan sebagai Kabupaten Informatif beserta dua puluh (20) Kabupaten/Kota lain pada kategori badan publik pemerintah daerah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah.

Malam Penganugerahaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Komisi Informasi Jawa Tengah diselenggarakan pada Kamis, 21 Desember 2023 bertempat di Patra Semarang Hotel & Convention.

Selain kategori Badan Publik Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, diterimakan juga penghargaan badan Publik Informatif kepada SKPD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, RSUD Provinsi Jawa Tengah, RSUD Kab/Kota dan RSUP di wilayah Provinsi Jawa Tengah, Badan Vertikal, Pemerintah Desa, Bawaslu Kab/Kota, KPU Kab/Kota, dan BUMD.

Pada kesempatan ini, KPU Kabupaten Karanganyar turut membawa pulang penghargaan sebagai Badan Publik Informatif dengan kategori penyelenggaran Pemilu terbaik Provinsi Jawa Tengah.

Dalam sambutan sekaligus arahan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (Purn) Drs. Nana Sudjana AS, MM menyatakan bahwa untuk mendorong keterbukaan informasi publik yang sudah berjalan baik perlu diadakan monitoring dan evaluasi. Perlu ada pengawasan sehingga semua transparan.

” Ada enam (6) indikator yang perlu menjadi perhatian yaitu Sarana dan Prasarana, Jenis Informasi, Kualitas Informasi, Digitalisasi, Kelembagaan, dan Pengadaan Barang dan Jasa,”jelasnya.

Pihaknya juga menegaskan terkait dengan monitoring dan evaluasi (Monev) semua Badan Publik terutama BUMD yang menjadi objek monev harus bersikap kooperatif.
Karena dengan mengikuti monev merupakan wujud komitmen badan publik agar terbuka.

” Semoga badan publik dengan kriteria informatif dapat meningkat dari tahun ke tahun,” harap Penjabat (Pj) Gubernur Jateng saat mengakhiri sambutannya.

Diskominfo