KARANGANYAR- Dinas Kominfo selaku Walidata menggandeng Badan Pusat Statistik (BPS), Baperlitbang, DPUPR, Dispermades, Dispertan menggelar Rapat persiapan evaluasi penyelenggaraan Statistik Sektoral 2024 di ruang SIC Samber Nyawa Diskominfo Kabupaten Karanganyar, Jum’at (16/1) pagi. Rapat dibuka oleh Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (Kabid IKP) Diskominfo, Arif Purwanto, S.S.T.P., M.Si. Selanjutnya Kabid Litbang PP Dr. Nining Indrastuti, ST, MT menjelaskan pertemuan sebaiknya dilakukan dua minggu sekali dan ini perlu koordinasi yang baik.

Penyelenggara kegiatan secara bergilir antara Diskominfo dan Baperlitbang. Dengan pertemuan ini diharapkan dan seterusnya dari DPUPR dapat aktif berpartisipasi karena dalam Satu Data Indonesia (SDI) dari DPUPR sebagai Pembina Geospasial. “Kita sangat memerlukan DPUPR utk percepatan nilai SDI, karena bukan hanya tanggungjawab Kominfo, BPS, Baperlitbang melainkan semuanya bertanggung jawab termasuk DPUPR ditambah admin di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang akan meningkatkan SDI kita karena OPD merupakan data sektoral,”terangnya.

Ditambahkan bahwa SDI merupakan induk semuanya dan kita akan mengadapi Indeks Pembangunan Statistik (IPS). Sementara itu Wisnu Nurdiyanto SST, MT selaku Statisi Madya Badan Pusat Statistik (BPS) Karanganyar mengatakan Rakor ini sebagai Upaya peningkatan Indeks Pembangunan Statistik (IPS) dengan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral dengan manfaat yang nantinya mengukur keberhasilan dan sebagai acuan pembangunan.

Karena statistik merupakan dasar pemerintah dalam menjalankan program program pembangunan. “BPS akan mendampingi dalam membantu petunjuk teknis dari kegiatan yang akan dilakukan. Beberapa bukti dukung yang akan kita bantu menyiapkan seperti kebijakan kebijakan, data data, metadata, romantik yang ada di BPS.

Diskominfo

 

Dokumentasi Kegiatan Rapat Persiapan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral 16/02/2024.