Bidang Informasi dan Komunikasi Publik

 DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN KARANGANYAR

 

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dipimpin oleh Seorang Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dan membawahi 3 seksi yakni Seksi Pengelolaan Media dan Data Statistik, Seksi Pelayanan Informasi Publik, dan Seksi Pengelolaan Sumber Daya Komunikasi dan Informatika.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Uraian tugas Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik adalah sebagai berikut :

  • menyusun program kegiatan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  • menyusun bahan perumusan kebijakan teknis bidang informasi dan komunikasi publik sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan koordinasi dengan Sekretaris dan Kepala Bidang agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  • merumuskan kebijakan teknis bidang informasi dan komunikasi publik;
  • melaksanakan kegiatan pengelolaan informasi publik;
  • melaksanakan fasilitasi pemberdayaan dan penyediaan akses informasi;
  • melaksanakan fasilitasi layanan pengaduan masyarakat;
  • melaksanakan fasilitasi pengelolaan hubungan dengan media (media relations);
  • melaksanakan pembinaan dan fasilitasi penyelenggaraan usaha multimedia, penyelenggara telekomunikasi, penyelenggaraan Lembaga Penyiaran Komunitas (LPK) dan Lembaga Penyiaran Swasta (LPS);
  • melaksanakan pembinaan dan fasilitasi penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik dan penyediaan akses informasi;
  • melaksanakan pemantauan evaluasi dan pelaporan di bidang pengelolaan opini, aspirasi publik, penyediaan konten lintas sektoral dan pengelolaan media komunikasi publik, serta pelayanan informasi publik;
  • melaksanakan koordinasi dalam penyediaan konten lintas sektoral, layanan pengolahan informasi publik melalui PPID;
  • melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan bidang informasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  • melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik;
  • melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas Kepala Seksi Pengelolaan Media dan Data Statistik adalah sebagai berikut :

  • menyusun rencana kegiatan Seksi Pengelolaan Media dan Data Statistik sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  • melaksanakan kegiatan diseminasi informasi publik nasional melalui media pemerintah maupun non pemerintah;
  • mengemas ulang konten nasional menjadi konten lokal, mendiseminasikan informasi kebijakan dan pembangunan pemerintah daerah;
  • melaksanakan kegiatan penerbitan media internal Pemerintah Kabupaten;
  • melaksanakan fasilitasi naskah paparan ilmiah Kepala Daerah;
  • menyiapkan bahan informasi publik sebagai bahan profil dan publikasi potensi daerah;
  • melaksanakan pembinaan dan fasiltasi peningkatan kapasitas pengelola media internal pemerintah;
  • menyiapkan bahan pengolahan data statistik pembangunan daerah;
  • menyiapkan bahan penyusunan media publik Karanganyar Dalam Angka;
  • menyiapkan bahan penyusunan buku infografik pemerintah daerah;
  • membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  • melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Pengelolaan Media dan Data Statistik;
  • melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas Kepala Seksi Pelayanan Informasi Publik adalah sebagai berikut :

  • menyusun rencana kegiatan Seksi Pelayanan Informasi Publik sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  • menyiapkan bahan pembinaan dan fasilitasi pengembangan kapasitas sumber daya pengelola informasi dan komunikasi publik;
  • menyiapkan bahan pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM);
  • melaksanakan Pemberdayaan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK- Metra);
  • melaksanakan fasilitasi dan pembinaan terhadap penyelenggaraan usaha multimedia lokal;
  • melaksanakan fasilitasi dan pembinaan terhadap penyelenggara jasa Teknologi Informasi, loket pembayaran operator/ gerai elektronik, dan penyedia peralatan teknologi informasi;
  • menyiapkan bahan fasilitasi masyarakat dalam bidang informasi dan komunikasi publik;
  • menyiapkan bahan Pengembangan wawasan internet cerdas, internet sehat, wawasan digital, dan digital skill (ketrampilan digital);
  • menyiapkan bahan pemberdayaan dan peningkatan kapasitas Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL);
  • melaksanakan fasilitasi dan pembinaan penyelenggaraan Lembaga Penyiaran Komunitas (LPK) dan Lembaga Penyiaran Swasta (LPS);
  • menyiapkan bahan pengawasan dan pemberdayaan terhadap konten media dan multimedia lokal;
  • melaksanakan pengelolaan lembaga penyiaran pemerintah daerah;
  • membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  • melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Pelayanan Informasi Publik;
  • melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas Kepala Seksi Pengelolaan Sumber Daya Komunikasi dan Informatika adalah sebagai berikut :

  • menyusun rencana kegiatan Seksi Pengelolaan Daya Komunikasi dan Informatika sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  • mengadakan kerjasama dengan media massa;
  • melaksanakan fasilitasi dokumentasi kegiatan Pemerintah Daerah;
  • melaksanakan pelayanan informasi dan pemberdayaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID);
  • melaksanakan koordinasi dalam penyediaan konten lintas sektoral, layanan pengolahan informasi publik melalui PPID, dan pemberdayaan PPID;
  • melaksanakan fasilitasi pengelolaan layanan pengaduan masyarakat;
  • melaksanakan fasilitasi pengelolaan portal aspirasi  masyarakat;
  • melaksanakan fasilitasi rekomendasi/ perizinan penyelenggaraan usaha telekomunikasi;
  • melaksanakan Pengelolaan press room;
  • mengadakan Audit komunikasi publik (penelitian kualitas konten dan saluran komunikasi Pemerintah Daerah);
  • melaksanakan Analisis media massa (penyerapan opini publik melalui media massa dan counter media);
  • membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  • melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Pengelolaan Daya Komunikasi dan Informatika;
  • melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Staf Bidang Informasi dan Komunikasi Publik 

Teguh Triyono, SH., M.Si
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik
Pembina / IV a

Wuri Ratnaningsih, S.E., M.M.
Kepala Seksi Pengelolaan Media dan Data Statistik
Penata Tingkat I / III d

Raden Puji Suryani, S.Sos
Penata/III c

Eko Sawitri, SE
Penata/III c

Yoga Cristyawan Adi G, A.Md.
Fitria Mulya Dewi
Miftachul Aulia Meinurriza, SA

Kristiana D. Kartiningsih, S.S., M.M.
Kepala Seksi Pengelolaan Sumber Daya komunikasi dan Informatika
Pembina / IV a

Nur Afifah, S.Ag
Penata TK I / III d

Indah Sulistiawati Effendhi,S.Sos
Pranata humas
Penata/III c

Nur Riyana Fitrianti, A.Md
Pranata humas
Penata Muda / III a
Hery Setiawan, S.Pd
Penata / III c

Fitri Inayanti, S.Sos
Pranata humas
Penata / III c

Tri Andani Kurnia Dewi, A.Md
Pranata humas
Penata Muda / III a

Eko Wardoyo
Aditya Sita Cahya Dewi, S.Si
Tegar
Ardian

Sopiyatun, S.Sos., M.I.Kom
Kepala Seksi Pelayanan Informasi Publik
Penata Tingkat I / III d

Mulyono, S.ST
Penata Muda / III a

Sriyanto
Pengatur / II c

Yuni Kartikawati
Pengatur TK I / II d