Bidang Tata Kelola Informatika

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN KARANGANYAR

Bidang Tata Kelola Informatika

Urain Tugas

Bidang Tata Kelola Informatika dipimpin oleh Seorang Kepala Bidang Tata Kelola Informatika dan membawahi 3 seksi yakni Seksi Pengembangan Sistem Informasi Manajemen, Seksi Persandian dan Keamanan Jaringan, dan Seksi Pengelolaan E-Government.

Kepala Bidang Tatakelola Informatika, Uraian tugas Kepala Bidang Tatakelola Informatika adalah sebagai berikut :

  • menyusun program kegiatan Bidang Tatakelola Informatika berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  • menyusun bahan perumusan kebijakan teknis bidang tatakelola informatika sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan koordinasi dengan Sekretaris dan Kepala Bidang agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  • menyusun bahan perumusan kebijakan bidang pengembangan sistem informasi manajemen, persandian dan keamanan jaringan dan pengelolaan e-government;
  • melaksanakan kegiatan tatakelola informatika;
  • melaksanakan kebijakan teknis di bidang pengembangan sistem informasi manajemen, persandian dan keamanan jaringan dan pengelolaan e-government;
  • melaksanakan penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria penyelenggaraan di bidang pengembangan sistem informasi manajemen, persandian dan keamanan jaringan dan pengelolaan egovernment;
  • melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi di bidang pengembangan sistem informasi manajemen, persandian dan keamanan jaringan dan pengelolaan e-government;
  • melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Bidang Tatakelola Informatika sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menyampaikan laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas Kepala Seksi Pengembangan Sistem Informasi Manajemen adalah sebagai berikut :

  • menyusun rencana kegiatan Seksi Pengembangan Sistem Informasi Manajemen sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  • menyiapkan bahan pengelolaan dan integrasi sistem informasi manajemen daerah;
  • menyiapkan bahan pengembangan dan pengelolaan website pemerintah;
  • menyiapkan bahan pengembangan dan pengelolaan pusat data strategis pemerintah;
  • menyiapkan pengelolaan dan integrasi database pemerintah;
  • menyiapkan pengelolaan dan pemeliharaan server pemerintah;
  • menyiapkan bahan pengembangan dan integrasi sistem informasi pendukung kota cerdas dan desa pintar;
  • menyiapkan bahan penyusunan database informasi nomor telepon Perangkat Daerah;
  • menyiapkan bahan peningkatan kapasitas administrator sistem informasi dan pengolah data fungsional Perangkat Daerah;
  • menyiapkan bahan peningkatan kapasitas sistem informasi pendukung kinerja pemerintah;
  • menyiapkan bahan pengembangan desain tata kelola sumberdaya komunikasi dan informatika;
  • menyiapkan bahan standarisasi aplikasi dan layanan online Instansi Penyelenggara Negara;
  • menyiapkan bahan Fasilitasi Sertifikasi keahlian/ kompetensi bidang Komunikasi dan informatika dan Certification Authority (CA);
  • menyiapkan bahan penyusunan database informasi nomor telepon Perangkat Daerah;
  • membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  • melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Pengembangan Sistem Informasi Manajemen;
  • melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas Kepala Seksi Persandian dan Keamanan Jaringan adalah sebagai berikut :

  • menyusun rencana kegiatan Seksi Persandian dan Keamanan Jaringan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  • menyiapkan bahan penyusunan peraturan teknis tata kelola persandian untuk pengamanan informasi dan komunikasi persandian;
  • menyiapkan bahan pengukuran tingkat kerawanan dan keamanan informasi;
  • menyiapkan bahan pengelolaan informasi berklasifikasi melalui pengklasifikasian dan pengamanan informasi milik pemerintah daerah;
  • menyiapkan bahan pengelolaan dan pengamanan informasi milik pemerintah daerah, meliputi pengiriman, penyimpanan, pemanfaatan dan penghancuran informasi berklasifikasi;
  • menyiapkan bahan penyusunan rencana kebutuhan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia sandi;
  • menyiapkan bahan peningkatan kesadaran pengamanan informasi di lingkungan pemerintah daerah melalui program pendidikan, pelatihan, fasilitasi, asistensi, bimbingan teknis, workshop dan/atau seminar;
  • menyiapkan bahan pengadaan, pemeliharaan, penyimpanan, distribusi dan pemusnahan perangkat lunak, perangkat keras persandian, dan jaringan komunikasi sandi;
  • menyiapkan bahan pengamanan terhadap kegiatan/aset/ fasilitas/instalasi penting/ vital/kritis melalui kontra penginderaan dan/atau metode pengamanan persandian lainnya;
  • menyiapkan bahan pengelolaan Security Operation Center (SOC) dalam rangka pengamanan informasi dan komunikasi;
  • menyiapkan bahan penyusunan instrumen dan pelaksanaan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan pengelolaan informasi berklasifikasi, pengelolaan sumber daya persandian, operasional pengelolaan komunikasi sandi dan operasional pengamanan komunikasi sandi;
  • menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan kegiatan jabatan fungsional Sandiman;
  • menyiapkan bahan Peningkatan kapasitas dan integrasi infrastruktur jaringan antar Perangkat Daerah;
  • menyiapkan bahan Pemeliharaan jaringan dan infrastruktur Teknologi Informasi;
  • menyiapkan bahan Pengadaan hardware dan peralatan Teknologi Informasi;
  • menyiapkan bahan Penyediaan dan pengelolaan jaringan akses publik (hotspot, CCTV, peralatan multimedia);
  • menyiapkan bahan Pengelolaan keamanan jaringan (network security);
  • menyiapkan bahan Pengelolaan Dissaster Recovery Center (DRC);
  • menyiapkan bahan IT forensic (rekam jejak) dan penanganan insiden keamanan informasi;
  • membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  • melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Persandian dan Keamanan Jaringan;
  • melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas Kepala Seksi Pengelolaan E-Government adalah sebagai berikut :

  • menyusun rencana kegiatan Seksi Pengelolaan E-Government sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  • menyiapkan bahan fasilitasi pelatihan dan pemberdayaan operasional pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Daerah;
  • menyiapkan bahan peningkatan kapasitas dan tata kelola pemerintahan elektronik (e-goverment);
  • melaksanakan pengelolaan kantor maya berbasis teknologi informasi;
  • menyiapkan bahan pembinaan pemanfaatan legal software dan open source;
  • melaksanakan penyediaan dan manajemen bandwith;
  • menyiapkan bahan fasilitasi dan pemberdayaan Goverment CIO;
  • menyiapkan bahan fasilitasi dan kerja sama integrasi sumber daya komunikasi dan informatika lintas sektoral;
  • melaksanakan fasilitasi penyediaan nama domain dan e-mail pemerintah daerah;
  • melaksanakan fasilitasi dan pelayanan operator peralatan komputer dan teknologi informasi;
  • menyiapkan bahan fasilitasi pengembangan produk hukum, NSPK dan SOP bidang komunikasi dan informatika;
  • menyiapkan bahan pendayagunaan sistem informasi pendukung kinerja pemerintah;
  • melaksanakan optimalisasi pemanfaatan sistem informasi manajemen daerah lintas sektoral dan layanan integrasi;
  • melaksanakan pemantauan, evaluasi dan penilaian prestasi kerja
  • membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  • melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Pengelolaan e-goverment;
  • melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.
STAF BAGIAN TATA KELOLA INFORMATIKA DISKOMINFO

STAF BAGIAN TATA KELOLA INFORMATIKA DISKOMINFO

Heru Edi Arfianto, S.I.P.
Kepala Bidang Tata Kelola Informatika
Penata Tingkat I / III d

Hanif Setyo Wibowo, S.Kom
Kepala Seksi Persandian dan Keamanan Jaringan
Penata / III c

Suparno
Pengelolaan Persandian dan Keamanan Jaringan
Pengatur Tk. I / IId

Achilleus Rino Bitakmo, S.Kom.
Pengelolaan Persandian dan Keamanan Jaringan
Penata Tk. I / IIId

Dodik Ariyadi, A.Md.
Pranata Komputer
Penata Muda (III/a)

YAHYA FATHONI AMRI, S.Kom.
Pengelola Jaringan

Agus Romadhoni, S.Kom
Kepala Seksi Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
Penata / III c

Wahyu Sanyoto, A.Md
Pengelola sistem dan jaringan
Pengatur / II c

Danang Rahadiansyah Arunadi, A.Md
Pengelola Sistem dan Jaringan
Pengatur / IIc

Widhi Hartanto, S.ST.
Pelaksana Pada Seksi Pengembangan SIM
Penata Muda / IIIa

Adi Yudha Prahara, S.Kom.
Pranata Komputer
Penata / IIIc

M. IRSYAD MAHLAFI, S.I.Kom.
Pengelola Media

Yudi Astri Hermawan, S.T.
Kepala Seksi Pengelolaan E-Govermen
Penata / III c

Hanif Puspitasari, S.Kom.
Pranata Komputer
Penata / IIIc

Sri Setyowati, A.Md.
Pranata Komputer
Penata Muda / IIIa

Juang Kusuma Dewi, S.Kom.
Pranata Komputer
Penata Muda Tk. I / IIIb

BANAR SATRIA MIARJI, S.Kom.
Operator peralatan komputer

ETIK AYUNINGTYAS, A.Md.
Pengelola Sumber Daya Multimedia

HERDY WALUYONO, S.Sos., M.M.
Pengelola Diseminasi Informasi Publik