Bidang Tata Kelola Informatika

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN KARANGANYAR

Bidang Tata Kelola Informatika

Urain Tugas

Bidang Tata Kelola Informatika dipimpin oleh Seorang Kepala Bidang Tata Kelola Informatika dan membawahi 3 seksi yakni Seksi Pengembangan Sistem Informasi Manajemen, Seksi Persandian dan Keamanan Jaringan, dan Seksi Pengelolaan E-Government.

Kepala Bidang Tatakelola Informatika, Uraian tugas Kepala Bidang Tatakelola Informatika adalah sebagai berikut :

  • menyusun program kegiatan Bidang Tatakelola Informatika berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  • menyusun bahan perumusan kebijakan teknis bidang tatakelola informatika sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan koordinasi dengan Sekretaris dan Kepala Bidang agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  • menyusun bahan perumusan kebijakan bidang pengembangan sistem informasi manajemen, persandian dan keamanan jaringan dan pengelolaan e-government;
  • melaksanakan kegiatan tatakelola informatika;
  • melaksanakan kebijakan teknis di bidang pengembangan sistem informasi manajemen, persandian dan keamanan jaringan dan pengelolaan e-government;
  • melaksanakan penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria penyelenggaraan di bidang pengembangan sistem informasi manajemen, persandian dan keamanan jaringan dan pengelolaan egovernment;
  • melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi di bidang pengembangan sistem informasi manajemen, persandian dan keamanan jaringan dan pengelolaan e-government;
  • melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Bidang Tatakelola Informatika sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menyampaikan laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas Kepala Seksi Pengembangan Sistem Informasi Manajemen adalah sebagai berikut :

  • menyusun rencana kegiatan Seksi Pengembangan Sistem Informasi Manajemen sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  • menyiapkan bahan pengelolaan dan integrasi sistem informasi manajemen daerah;
  • menyiapkan bahan pengembangan dan pengelolaan website pemerintah;
  • menyiapkan bahan pengembangan dan pengelolaan pusat data strategis pemerintah;
  • menyiapkan pengelolaan dan integrasi database pemerintah;
  • menyiapkan pengelolaan dan pemeliharaan server pemerintah;
  • menyiapkan bahan pengembangan dan integrasi sistem informasi pendukung kota cerdas dan desa pintar;
  • menyiapkan bahan penyusunan database informasi nomor telepon Perangkat Daerah;
  • menyiapkan bahan peningkatan kapasitas administrator sistem informasi dan pengolah data fungsional Perangkat Daerah;
  • menyiapkan bahan peningkatan kapasitas sistem informasi pendukung kinerja pemerintah;
  • menyiapkan bahan pengembangan desain tata kelola sumberdaya komunikasi dan informatika;
  • menyiapkan bahan standarisasi aplikasi dan layanan online Instansi Penyelenggara Negara;
  • menyiapkan bahan Fasilitasi Sertifikasi keahlian/ kompetensi bidang Komunikasi dan informatika dan Certification Authority (CA);
  • menyiapkan bahan penyusunan database informasi nomor telepon Perangkat Daerah;
  • membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  • melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Pengembangan Sistem Informasi Manajemen;
  • melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas Kepala Seksi Persandian dan Keamanan Jaringan adalah sebagai berikut :

  • menyusun rencana kegiatan Seksi Persandian dan Keamanan Jaringan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  • menyiapkan bahan penyusunan peraturan teknis tata kelola persandian untuk pengamanan informasi dan komunikasi persandian;
  • menyiapkan bahan pengukuran tingkat kerawanan dan keamanan informasi;
  • menyiapkan bahan pengelolaan informasi berklasifikasi melalui pengklasifikasian dan pengamanan informasi milik pemerintah daerah;
  • menyiapkan bahan pengelolaan dan pengamanan informasi milik pemerintah daerah, meliputi pengiriman, penyimpanan, pemanfaatan dan penghancuran informasi berklasifikasi;
  • menyiapkan bahan penyusunan rencana kebutuhan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia sandi;
  • menyiapkan bahan peningkatan kesadaran pengamanan informasi di lingkungan pemerintah daerah melalui program pendidikan, pelatihan, fasilitasi, asistensi, bimbingan teknis, workshop dan/atau seminar;
  • menyiapkan bahan pengadaan, pemeliharaan, penyimpanan, distribusi dan pemusnahan perangkat lunak, perangkat keras persandian, dan jaringan komunikasi sandi;
  • menyiapkan bahan pengamanan terhadap kegiatan/aset/ fasilitas/instalasi penting/ vital/kritis melalui kontra penginderaan dan/atau metode pengamanan persandian lainnya;
  • menyiapkan bahan pengelolaan Security Operation Center (SOC) dalam rangka pengamanan informasi dan komunikasi;
  • menyiapkan bahan penyusunan instrumen dan pelaksanaan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan pengelolaan informasi berklasifikasi, pengelolaan sumber daya persandian, operasional pengelolaan komunikasi sandi dan operasional pengamanan komunikasi sandi;
  • menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan kegiatan jabatan fungsional Sandiman;
  • menyiapkan bahan Peningkatan kapasitas dan integrasi infrastruktur jaringan antar Perangkat Daerah;
  • menyiapkan bahan Pemeliharaan jaringan dan infrastruktur Teknologi Informasi;
  • menyiapkan bahan Pengadaan hardware dan peralatan Teknologi Informasi;
  • menyiapkan bahan Penyediaan dan pengelolaan jaringan akses publik (hotspot, CCTV, peralatan multimedia);
  • menyiapkan bahan Pengelolaan keamanan jaringan (network security);
  • menyiapkan bahan Pengelolaan Dissaster Recovery Center (DRC);
  • menyiapkan bahan IT forensic (rekam jejak) dan penanganan insiden keamanan informasi;
  • membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  • melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Persandian dan Keamanan Jaringan;
  • melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas Kepala Seksi Pengelolaan E-Government adalah sebagai berikut :

  • menyusun rencana kegiatan Seksi Pengelolaan E-Government sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  • menyiapkan bahan fasilitasi pelatihan dan pemberdayaan operasional pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Daerah;
  • menyiapkan bahan peningkatan kapasitas dan tata kelola pemerintahan elektronik (e-goverment);
  • melaksanakan pengelolaan kantor maya berbasis teknologi informasi;
  • menyiapkan bahan pembinaan pemanfaatan legal software dan open source;
  • melaksanakan penyediaan dan manajemen bandwith;
  • menyiapkan bahan fasilitasi dan pemberdayaan Goverment CIO;
  • menyiapkan bahan fasilitasi dan kerja sama integrasi sumber daya komunikasi dan informatika lintas sektoral;
  • melaksanakan fasilitasi penyediaan nama domain dan e-mail pemerintah daerah;
  • melaksanakan fasilitasi dan pelayanan operator peralatan komputer dan teknologi informasi;
  • menyiapkan bahan fasilitasi pengembangan produk hukum, NSPK dan SOP bidang komunikasi dan informatika;
  • menyiapkan bahan pendayagunaan sistem informasi pendukung kinerja pemerintah;
  • melaksanakan optimalisasi pemanfaatan sistem informasi manajemen daerah lintas sektoral dan layanan integrasi;
  • melaksanakan pemantauan, evaluasi dan penilaian prestasi kerja
  • membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  • melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Pengelolaan e-goverment;
  • melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.
STAF BAGIAN TATA KELOLA INFORMATIKA DISKOMINFO

STAF BAGIAN TATA KELOLA INFORMATIKA DISKOMINFO

Sugiharjo, S.IP., M.M.
Kepala Bidang Tata Kelola Informatika
Pembina / IV a

Sugeng Margi Utomo, SH, MM
Kepala Seksi Persandian dan Keamanan Jaringan
Penata Tingkat I / III d

Agung Prasetyo, S.Kom.
Pelaksana Pada Pengelolaan Persandian dan Keamanan Jaringan
Penata Tk. I / IIId

Suparno
Pengelolaan Persandian dan Keamanan Jaringan
Pengatur Tk. I / IId

Achilleus Rino Bitakmo, S.Kom.
Pengelolaan Persandian dan Keamanan Jaringan
Penata Tk. I / IIId

Dodik Ariyadi, A.Md.
Pranata Komputer
Penata Muda (III/a)

YAHYA FATHONI AMRI, S.Kom.
Pengelola Jaringan

Agus Romadhoni, S.Kom
Kepala Seksi Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
Penata / III c

Wahyu Sanyoto, A.Md
Pengelola sistem dan jaringan
Pengatur / II c

Danang Rahadiansyah Arunadi, A.Md
Pengelola Sistem dan Jaringan
Pengatur / IIc

Widhi Hartanto, S.ST.
Pelaksana Pada Seksi Pengembangan SIM
Penata Muda / IIIa

Adi Yudha Prahara, S.Kom.
Pranata Komputer
Penata / IIIc

M. IRSYAD MAHLAFI, S.I.Kom.
Pengelola Media

Hanif Setyo Wibowo, S.Kom
Kepala Seksi Pengelolaan E-Govermen
Penata / III c

Hanif Puspitasari, S.Kom.
Pranata Komputer
Penata / IIIc

Sri Setyowati, A.Md.
Pranata Komputer
Penata Muda / IIIa

Juang Kusuma Dewi, S.Kom.
Pranata Komputer
Penata Muda Tk. I / IIIb

BANAR SATRIA MIARJI, S.Kom.
Operator peralatan komputer

ETIK AYUNINGTYAS, A.Md.
Pengelola Sumber Daya Multimedia

HERDY WALUYONO, S.Sos., M.M.
Pengelola Diseminasi Informasi Publik